27
vote
Gambar preview 5 Nama Lain Indonesia di Masa Lalu

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

5 Nama Lain Indonesia di Masa Lalu

Sebelum bangsa Indonesia ini mengunakan nama Indonesia ternyata pada masa lalau bangsa kita telah memiliki nama lain yang telah dikenal banyak orang. Nah berikut ini ada 5 nama lain bangsa indonesia di masa lalu, ingin tahu apa aja itu simak berikut ini.

1. Hindia

Nama Hindia ini adalah ciptaan dari Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah berkebangsaan Yunani (484-425 Sebelum Masehi) yang dikenal dengan Bapak Ilmu Sejarah. Adapun nama Hindia ini baru dipergunakan untuk kepulauan ini, oleh Ptolomeus (100-178 SM), seorang ahli ilmu bumi yang terkenal. Dan nama Hindia ini menjadi terkenal sesudah bangsa Portugis di bawah pimpinan Vascvo da Gama mendapati kepulauan ini dengan menyusur sungai Indus, dalam tahun 1498 Masehi

2. Nederlandsch Oost-Indie

Nama ini diberikan oleh orang-orang Belanda sesudah mereka berkuasa disini. Kemudian nama ini ditukar dengan “Nederlandsch Indie”. Seperti diketahui, bangsa Belanda untuk pertama kalinya datang ke Indonesia dalam tahun 1596 di bawah pimpinan Cornelis de Houtman.

3. Insulinde

Nama ini diberikan oleh Eduard Douwes Dekker (multatuli) di dalam bukunya Max Havelaar dalam tahun 1860, kemudian nama ini dipopulerkan oleh Professor P.J. Veth. Multatuli membuat nama baru ini, oleh karena ia jijik mendengar nama Nederlandsch Indie yang diberikan oleh Belanda itu. Adapun asal usul perkataan tersebut ialah berasal dari perkataan “Insulair”, “Insula” dan “Indus”. Insula dalam bahasa latin yang berarti pulau. Indus berarti Hindia, sedangkan Insilinde artinya pulau Hindia.

4. Nusantara

Nama ini ditemui dalam perpustakaan India Kuno, yang menyebut negeri ini Nusantara. Adapun Nusantara atau Dwipantara artinya pulau-pulau yang berada diantara benua-benua. Dalam kitab Negarakertagama disebutkan, bahwa Nusantara ialah pulau-pulau di luar tanah Jawa. Sedangkan dalam sejarah Melayu dipakai nama: Nusa Tamara. Nama inipun sesungguhnya berasal dari perkataan yang diucapkan Nusantara.

Next>>>
5 Nama Lain Indonesia di Masa Lalu (Gambar 1) 5 Nama Lain Indonesia di Masa Lalu (Gambar 2) 5 Nama Lain Indonesia di Masa Lalu (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
tahun lalu
di
40 komentar
sitaba #27103
Surabaya
5. The Malay Archipelago

Nama ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace dalam tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke tanah air kita, dari tahun 1854 sampai dengan 1682. Adapun “Malay” artinya Melayu, “Archipel” yang berasal dari bahasa Yunani “Archipelagus” (dari asal Archi=memerintah; plagus= laut). Dengan demikian berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau Melayu...
tahun lalu
Ndutyyy #23322
Toak City
Indonesia  mana om?
tahun lalu
Wet #11
Still Here
Kalau nama 'Indonesia' sendiri asalnya dari apa ya? Ada yg tau?
tahun lalu
LiandoEndra #7399
Ada buku yg diterbitkan siapa gitu trus tahun berapa gitu yg menyebutkan nama "indonesia" akhirnya nama itu dpakai sampai sekarang

Semoga membantu ^^
tahun lalu
Wet #11
Still Here
Oh gitu ya om. Makasih gitunya. Sangat begitu >.<
tahun lalu
LiandoEndra #7399
♉(‾⌣‾)♉
tahun lalu
Di sudut kamar
Kata Indonesia berasal dari kata indos dan nesos. Pencetusnya kalo gak salah adolf bastian sekitar tahun 1800an.
#sumber cerpen tetralogi intelejen
tahun lalu
Wet #11
Still Here
Sip2 thanks. Saya akan browsing utk lebih detilnya. Terimakasih pencerahannya kakak^^
tahun lalu
Di sudut kamar
Sama sama adek...
tahun lalu
bhenkeyz #34404
Jakarta
Nama Indonesia brasal dri 2 kata, yaitu Indo dan Nesia. Indo:campuran, Nesia:diamb il dri nama 2 kepulauan, yaitu Polenisa dan Melanisia. 'Singkatnya sprti itu mungkin'
tahun lalu
Wet #11
Still Here
Ok sip makasih^^
tahun lalu
LiandoEndra #7399
Sama2
tahun lalu
Di sudut kamar
Dari buku yang aku baca, indonesia asal kata indos artinya india, dan nesos artinya pulau. Jadilah pulau yang ditempati orang india.
tahun lalu
juminten #31054
Yak ! Pas...memang asal katanya dr Hindia+polynesia=Indonesia, artinya kepulauan yg ada di samudera hindia
tahun lalu
BUDIRAHMAT #306
#14 #570 #15
Wet #11
Still Here
Ok mbah.. sip mantap
tahun lalu
Samarinda
Siiip deh..
Yg q tau cuma nenderland indie n nusantara..
Q punya loh koinnya nenderland indie 2 biji tahun 1900. Kenang2ngan q berburu barang antik
tahun lalu
kimora #9738
I believe I believe!
Makasi buat inpohnya!
*potup
tahun lalu
icanelrossyi #35780
Jakarta
Bukan'y NUSANTARA berasal dari kata
NUSA: pulau
ANTARA : keterkaitan sesuatu yg banyak

Jadi NUSANTARA adalah : bayak pulau yg saling terkait

intermezo aja nech,,, klo salah ya maaf,,
Hehehehe
tahun lalu
Wet #11
Still Here
Iya. Kalo menurut pelajaran yg didapet di SD dulu begitu penjelasannya :D
tahun lalu
superekda #37528
Sedoooot infonya aaaah, Nusantara lebih lokal enak didenger
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
  
(◦'⌣'◦)(y)
(,(")(")
ṩ̝i̲̣̣̣̥ρ̲̣̣̥ ṩ̝i̲̣̣̣̥ρ̲̣̣̥
Btw....
Sama gak sih?

http://www.thecrowdvoice.com/post/sejarah-panjang-nama-indonesia-2937863.html

http://www.thecrowdvoice.com/post/asal-usul-nama-indonesia-1386639.html
tahun lalu
juminten #31054
Banyak yg nJum dapet ttg negeri ini...

Bbrp diantaranya, bhw ;

- Indonesia = The Lost "Atlantis"

- Nabi Nuh berasal dr Indonesia - Based on pnelitian dr struktur kayu Perahu Nabi Nuh dr pohon Jati yg tumbuh dr tanah yg hanya ada di Indonesia

- tempat bertemunya NabiyuLlah Adam as + Hawa --» Borneo

- Asal Bahasa = zi, wa, oh dst

Mana yg benar ?.....
I'm just information collector he he....

Makasih yaa...udah share Kim ^^
tahun lalu
superekda #37528
Wah juminten banyak tahu ya (=´∇`=)
Aku pikir cuma tahu cuci piring, cuci baju aja
*ngambil piring kotor
tahun lalu
juminten #31054
Hi hi hi....itu juga mas-e he he....ga tau apa-apaaa cuman itu-itunyaaa hi hi hi...

Makluuuum jaman sekarang harus banyak tau...kan ujian masuknya dulu pake tanya-jawab dulu he he....^^
tahun lalu
BUDIRAHMAT #306
#14 #570 #15
Kecuali asal bahasa, gw pernah baca semua.. :)
Tapi logikanya masuk jg, hanya bisa diperdebatkan kalo g ada penelitian lebih lanjut.. :)

Sebenarnya ada post2 ttg indonesia/nusantara/melayu yg dipost oleh member tcv, yg ternyata ada sebuah hipotesa dari peneliti2 sejarah yg berpusat diselandia baru yg mengatakan, nusantara dan bangsa melayu adalah bangsa berperadapan terbesar dan pertama didunia.

Satu hal yg menarik yg berbeda dari buku sejarah adalah mereka mengatakan kalo melayu itu bukan berasal dari bangsa mongoloid dari dataran china, tapi bangsa mongoloid/china itu berasal dari bangsa melayu. Ini berdasarkan penelitian dna.. Njum pernah denger?
tahun lalu
juminten #31054
Pernah....well...gini aj, apapun itu, smua bangsa travel around the world...berpetualang atw mhindar/mnyelamatkan diri dr musibah(jngan lupa dlu bumi smpat mencair)

Btw zi, wa, oh...ntar kapan2 nJum tulis deh...(Ini ceritanya asik+unik lho)

Kan byk yg bilang klu org jepang aselinya jga chinese kmdian penduduk jabar adl orang suku yunan, juga penduduk okinawa aselinya org pasundan, lalu org manado-manado tua-putri cina yg tdampar dst....

Trus ksamaan cerita dgn berbagai versi bumbu budaya, misalnya ttg ; kera sakti, hanoman, yetti, big foot, enkidu...

Banyak juga versi ttg Nabi Zakaria as, Nabi Daud as, Nabi Nuh as dsb...lalu HC Anderson ?...bukan ceritanya...panjang klu smua dikupas...itu baru yg nJum tau sngat sdikit...bgmn Allah ?!?...tapi...Allahu Akbar, Allah memang Luar Biasa !

Ada tmen nJum b'usaha mnyelidiki, t'tarik dan usaha utk mngenal jin....

Point-nya bukan itu, tapi kenali-lah Allah !....bgtu banyak info thampar smua untuk mngenalnya, supaya kita sadar benar....Allah memperkenalkan DzatNya pd kita(misal diajak kenalan ama presiden aj mgkin sdh "blingsatan"...ini Maha Presiden !)....

Sebab itu, ayat #1 adl "iqro" baca !....baca yg tsirat+tsurat.....smua adalah Dia..laa ilaha illaLlah
tahun lalu
superekda #37528
Wow, baru tau ternyata kalo di dalami Indonesia luas banget. Mas Budirahmat dan Juminten IQ nya pada encer semua  (=’①∇①’=)
tahun lalu
BUDIRAHMAT #306
#14 #570 #15
Sepertinya postnya copas, tapi kenapa g kasih sumbernya y?
Tahunnya aneh2, ada yg mundur.. ;)
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Sepertinya repost tuh burah ☺
tahun lalu
sitaba #27103
Surabaya
Kalo REPOST,
Tinggal nunjukin aja bukti REPOSTnya trus di pindahin,
Gitu aja kok repot toooo...
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Maklum bro masih newbee gak ngerti pindah-memindah ☺
tahun lalu
juminten #31054
Emang taun-nya pd ngacow bgtu Ibu Nona he he...
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Komengnya lari kesini toh jum, btw kapan gw jd ibu2
╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ.  
tahun lalu
BUDIRAHMAT #306
#14 #570 #15
"5. The Malay Archipelago

Nama ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace dalam tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke tanah air kita, dari tahun 1854 sampai dengan 1682. Adapun “Malay” artinya Melayu."

Gw copas dikomen level 1 info dri sitaba, dan lihat keanehan tahunnya. Kalo dia ngetik sendiri (karya sendiri), g jauh gitu angkanya salah.. Makanya komen gw bilang, kalo copas kasih sumbernya.. Coba menghargai karya orang lain, walaupun maksud kita baik buat bagi ilmu, tapi karya orang yg udah merangkum layak jg diberi sedikit penghargaan dgn hanya memberi link sumber yg kita post. Bahkan itu kalo kita jg merangkum dari dia. Satu lagi, info begini, musti kita pahami, jadi ketika kita ditanya lebih paham atau setidaknya tau arah pertanyaannya.. :)
tahun lalu
juminten #31054
Emang.....he he he...

Tp nJum hargai aj..idenya mngungkap ttg bbrp hal...
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Emang apa toh njum ☺
tahun lalu
kananegi #34533
74a455bb
Yang blm pernah dengar cuma yg : Insulinde......

tahun lalu
cuit-tea #17
Officially graduated
hmm..sejarah nama Indonesia yah..
topiknya dsesuaikan yah sitaba :)
cocok-nya dmasukin topik "ekonomi-politik-sosial" :)
tahun lalu
[closed] #unknown
Ini ada artikel lengkap di wikipedia.
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
sitaba #27103
Surabaya