20
vote
Gambar preview anak-sakit-cuma-ditidurkan-di-stang-sepeda-ayahnya

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

anak-sakit-cuma-ditidurkan-di-stang-sepeda-ayahnya

Anak yang terbaring di depan setang sepeda di Jalan Jagakarsa, Jakarta Selatan, itu selalu ingin ikut ke mana pun ayahnya pergi. Dalam kondisi sakit sekalipun, ia ingin dekat dengan sang ayah.
Anak itu bernama Darmawan Santoso (3). Ayahnya bernama Sapto Sunardo (bukan Soekarna seperti diberitakan sebelumnya). Sapto mengatakan, saat ini, anaknya memang sakit, tetapi hanya meriang biasa dan tidak perlu dibawa ke rumah sakit. Menurut Sapto, dia telah terbiasa membawa anak bungsunya itu selama ia bekerja setiap hari.
"Darma enggak sakit parah, cuma meriang doang. Darma memang mau hujan mau panas selalu ikut saya, kecuali benar-benar sakit berat, baru saya tidak ajak," kata Sapto, Kamis (16/5/2013), saat dijumpai di rumahnya, Jalan Moh Kahfi 1 Gang Damai, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Sapto mengakui, saat ini biaya rumah sakit memang semakin mahal. Oleh sebab itu, jika anaknya sakit, Sapto lebih senang memberi ramuan obat tradisional kepada anak-anaknya.
"Enggak pernah ke dokter karena biaya dokter mahal. Jadi, pakai obat tradisional saja, daun sirih sama air hangat, terus diminumin," ujar bapak lima anak asal Solo, Jawa Tengah.
Dalam kesehariannya, Sapto berprofesi sebagai pedagang burung dan ikan hias keliling dengan menggunakan sepeda. Istri Sapto, Yunita Herawati, juga berprofesi sebagai pedagang keliling dengan menggunakan sepeda. Yunita menjual minuman susu fermentasi. Kesibukan Yunita inilah yang membuat Sapto tidak bisa meninggalkan Darma sendirian di rumah.
"Kalau kerja kantoran enak, mungkin kalau hujan bisa izin. Kalau dagang kan gak bisa, siapa yang mau gaji," kata pria lulusan S-1 jurusan Pertanian Universitas Slamet Riyadi, Solo.
Sapto dan Yunita telah memiliki lima anak dari pernikahan mereka. Pasangan ini tinggal di rumah petak dengan dua kamar tidur dan berdempetan dengan rumah lain. Anak Sapto yang paling sulung saat ini telah duduk di kelas XII di SMK Negeri 41,
Lanjut »»
tahun lalu
di
29 komentar
fudidudi #42677
Makassar
tidak jauh dari rumahnya. Anak kedua duduk di bangku kelas I SMK, sedangkan anak ketiga masih kelas III SD dan yang keempat kelas I SD.

"Bentar lagi anak (sulung) saya pengumuman kelulusan, mudah-mudahan saja lulus terus nanti bisa kuliah," ucap Sapto.

Dalam kesehariannya, Sapto mengayuh sepedanya melewati Jalan Jagakarsa untuk menjual burung maupun ikan hias di kawasan Jalan Ampera. Kadang-kadang ia juga berjualan di Kemang. Di sepeda itu pula, ia menempatkan segala peralatan jualannya, termasuk kandang burung dan wadah ikan, di boncengan belakang sepeda.

Darma yang belum bersekolah juga ikut dengannya. Sapto membuatkan tempat khusus dari buntalan kain untuk tempat duduk anaknya. Tempat duduk untuk Darma ini diletakkan di depan setang sepeda butut milik Sapto. Fotografer Warta Kota, Adhy Kelana, sempat mengabadikan perjalanan Sapto di tengah suasana gerimis bersama Darma yang tengah berbaring di bantalan setang sepeda itu
tahun lalu
babybear #2814
My life My happiness
Kecian benerr anaknya ampe tidur begitu...(-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)‎ bpknya ternyata lulusan S1 pertanian hmmmm..
tahun lalu
fudidudi #42677
Makassar
Cuman bisa menelan ludah pahit, baca kisah mereka
tahun lalu
babybear #2814
My life My happiness
Tp perjuangan ntu bapak luarbiasa buat menyekolahkan anak2nya ampe bs kuliah...
tahun lalu
akmal74 #27287
It's probably me
S1 cuma pedagang keliling
Penyebabnya karna kurang koneksi dan kurang pergaulang
Kasihan orang tua berharap anaknya jadi orang, taunya masih orang2
tahun lalu
fudidudi #42677
Makassar
Sayangnya tdk di jelaskan knp bapak 5 orng anak ini yg lulusan S1 bsa sampe dagang keliling nae speda,
tahun lalu
akmal74 #27287
It's probably me
Pergaulan terbaik untuk usaha adalah pergaulan dikampus sob
tahun lalu
jioe.shinji #4253
TCV For Android
Inilah contoh orang yg bersyukur dalam situasi apapun. Mau menerima keadaan & berusaha keras untuk bertahan hidup. Salut gw :)
Orang susah selalu berusaha meraih kebahagiaannya dengan bekerja keras & mensyukuri apa yg dia dapat walaupun tidak sesuai harapan. Sebaliknya orang yg sudah diberi kecukupan lebih sering mengeluh dengan keadaan meskipun mereka telah menerima yg lebih baik daripada yg berada di bawah mereka.

Vote-up!
tahun lalu
fudidudi #42677
Makassar
Kebanyakan orng sprti mereka itu lebih baik memberi dari pada menunggu di beri
tahun lalu
jioe.shinji #4253
TCV For Android
iya :)
tahun lalu
Freedanella #45064
Bandung
Setuju deh sm komennya! :)
tahun lalu
jioe.shinji #4253
TCV For Android
(‾̴̴͡͡⌣‾‾̴̴͡͡ʃƪ) makasii yaa :p
tahun lalu
sridewi #30204
Ini lah kenyataan hidup yg harus di jalanin dg iklas ... yg terpenting pak sapto bertanggung jawab thd keluarga ....
tahun lalu
fudidudi #42677
Makassar
Pak sapto hanya sbagian kcil dri saudara2 kita yg senasib
tahun lalu
sridewi #30204
ya betul n masih banyak sarjana yg kurang bagus nasib nya... tapi hebat walau pun sarjana dia tdk mau untuk berdagang...
tahun lalu
zhafar.gaara #28380
Doping, SulSel
Keren, salut buat si Bapak.... Meskipun lulusan S-1 dia gak malu jadi pedagang kelilig. Di jaman sekarang ini banyak sarjana memilih nganggur daripada kerja kasar....
tahun lalu
fudidudi #42677
Makassar
Beban moral sosial gengsi yg membuat banyak lulusan S1 itu nganggur
tahun lalu
things #33671
Waduh..ternyata lulusan S1 jadi pedagang keliling >_<
Kasian bgt...
tahun lalu
babybear #2814
My life My happiness
S1 pertanian mungkin mang ga terlalu byk lapangan krjanya..tp kl dia punya keahlian mgkin bs tp mgkin terbentur modal
tahun lalu
things #33671
Bener beb..
Kasian ya, hidup ga selalu menyenangkan, tapi penuh perjuangan..

Salut sama bpk ini yg ga malu melakoni pekerjaan sprti ini demi menghidupi keluarganya
tahun lalu
babybear #2814
My life My happiness
Iya dan dia pnya niat yg bagus buat nyekolahin anaknya ajah dah luarbiasa bgt..
tahun lalu
fudidudi #42677
Makassar
Sy kan doakan semoga anak-anaknya menjadi orang yg membanggakan ortunya, yg penuh perjuangan dan semangat hidup yg tinggi
tahun lalu
mr.brown #20235
SoLo
Orang Solo???
tahun lalu
andiflamini #24898
Jekardah
Apa yang dilakukan nya itu halal dan tidak merepotkan orang lain

*mana nih kerja kementrian sosial*

(̾˘̶̀̾̾ ̯  ˘̶́̾ ̾̾̾'̾̾)̾  
tahun lalu
fudidudi #42677
Makassar
Kementrian sosial mana mau urusin yg sperti ini,hehehe
tahun lalu
babybear #2814
My life My happiness
Udeh kaga ada mentri sosial adanya mentri kesejahteraan rakyat tp baru mensejahterakan diri sendiri dulu :p
tahun lalu
babbah84 #24911
Pemalang
Yg penting g nyolong....
tahun lalu
fudidudi #42677
Makassar
Lbih baek bersepeda tpi untk yang halal, dri pda berdasi tpi ngga ha........... Ztztztztzt sensorrrr
tahun lalu
babbah84 #24911
Pemalang
Yuhu....
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
fudidudi #42677
Makassar