18
vote
Gambar preview Kasus pemerkosaan misterius Indonesia "sum kuning"

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Kasus pemerkosaan misterius Indonesia "sum kuning"

Sumber : Viva forum
Ini adalah kasus getir dan pahit dari seorang gadis muda bernama Sumarijem seorang gadis muda dari kelas bawah seorang penjual telur dari Godean Yogyakarta yang (maaf) diperkosa oleh segerombolan anak pejabat dan orang terpandang di kota Yogyakarta kala itu.Kasus ini merebak menjadi berita besar ketika pihak penegak hukum terkesan mengalami kesulitan untuk membongkar kasusnya hingga tuntas. Pertama-tama Sum Kuning disuap agar tidak melaporkan kasus ini kepada polisi. Belakangan oleh polisi tuduhan Sum Kuning dinyatakan sebagai dusta. Seorang pedagang bakso keliling dijadikan kambing hitam dan dipaksa mengaku sebagai pelakunya.

Tanggal 18 September 1970 Sumarijem yang saat itu berusia 18 tahun tengah menanti bus di pinggir jalan dan tiba-tiba diseret masuk kedalam sebuah mobil oleh beberapa pria, didalam mobil Sumarijem (Sum Kuning) diberi bius (Eter) hingga tak sadarkan diri, Ia dibawa ke sebuah rumah di daerah Klaten dan diperkosa bergilir hingga tak sadarkan diri.

Kasus ini cukup pelik karena menurut Jendral Pur Hoegeng mantan Kapolri bahwa para pelaku pemerkosaan adalah anak-anak pejabat dan salah seorang diantaranya adalah anak seorang pahlawan revolusi (Hoegeng-Oase menyejukkan di tengah perilaku koruptif para pemimpin bangsa, penerbit Bentang).

Dalam bukunya juga disebutkan bahwa Sum Kuning ditinggalkan ditepi jalan, Gadis malang ini pun melapor ke polisi. Bukannya dibantu, Sum malah dijadikan tersangka dengan tuduhan membuat laporan palsu.

Dalam pengakuannya kepada wartawan, Sum mengaku disuruh mengakui cerita yang berbeda dari versi sebelumnya. Dia diancam akan disetrum jika tidak mau menurut. Sum pun disuruh membuka pakaiannya, dengan alasan polisi mencari tanda palu arit di tubuh wanita malang itu.Karena melibatkan anak-anak pejabat yang berpengaruh, Sum malah dituding anggota Gerwani. Saat itu memang masa-masanya pemerintah Soeharto gencar menangkapi anggota PKI dan underbouw-nya, termasuk Gerwani.

Lanjut di komen om..
Kasus pemerkosaan misterius Indonesia "sum kuning" (Gambar 1)
Klik gambar untuk perbesar
11 bulan yang lalu
di
58 komentar
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Kasus Sum disidangkan di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Sidang perdana yang ganjil ini tertutup untuk wartawan. Belakangan polisi menghadirkan penjual bakso bernama Trimo. Trimo disebut sebagai pemerkosa Sum.

Dalam persidangan Trimo menolak mentah-mentah. Jaksa menuntut Sum penjara tiga bulan dan satu tahun percobaan. Tapi majelis hakim menolak tuntutan itu. Dalam putusan, Hakim Ketua Lamijah Moeljarto menyatakan Sum tak terbukti memberikan keterangan palsu. Karena itu Sum harus dibebaskan.Dalam putusan hakim dibeberkan pula nestapa Sum selama ditahan polisi. Dianiaya, tak diberi obat saat sakit dan dipaksa mengakui berhubungan badan dengan Trimo, sang penjual bakso. Hakim juga membeberkan Trimo dianiaya saat diperiksa polisi.

Hoegeng terus memantau perkembangan kasus ini. Sehari setelah vonis bebas Sum, Hoegeng memanggil Komandan Polisi Yogyakarta AKBP Indrajoto dan Kapolda Jawa Tengah Kombes Suswono. Hoegeng lalu memerintahkan Komandan Jenderal Komando Reserse Katik Suroso mencari siapa saja yang memiliki fakta soal pemerkosaan Sum Kuning."Perlu diketahui bahwa kita tidak gentar menghadapi orang-orang gede siapa pun. Kita hanya takut kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jadi kalau salah tetap kita tindak," tegas Hoegeng.Hoegeng membentuk tim khusus untuk menangani kasus ini.

Namanya 'Tim Pemeriksa Sum Kuning', dibentuk Januari 1971. Kasus Sum Kuning terus membesar seperti bola salju. Sejumlah pejabat polisi dan Yogyakarta yang anaknya disebut terlibat, membantah lewat media massa.Belakangan Presiden Soeharto sampai turun tangan menghentikan kasus Sum Kuning. Dalam pertemuan di istana, Soeharto memerintahkan kasus ini ditangani oleh Team pemeriksa Pusat Kopkamtib.

Hal ini dinilai luar biasa. Kopkamtib adalah lembaga negara yang menangani masalah politik luar biasa. Masalah keamanan yang dianggap membahayakan negara. Kenapa kasus perkosaan ini sampai ditangani Kopkamtib??

Lanjut dikit om...
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Dalam kasus persidangan perkosaan Sum, polisi kemudian mengumumkan pemerkosa Sum berjumlah 10 orang. Semuanya anak orang biasa, bukan anak penggede alias pejabat negara. Para terdakwa pemerkosa Sum membantah keras melakukan pemerkosaan ini. Mereka bersumpah rela mati jika benar memerkosa.

Kapolri Hoegeng sadar. Ada kekuatan besar untuk membuat kasus ini menjadi bias.

Tanggal 2 Oktober 1971, Hoegeng dipensiunkan sebagai Kapolri. Beberapa pihak menilai Hoegeng sengaja dipensiunkan untuk menutup kasus ini.

Sum sendiri kemudian bekerja di Rumah Sakit Tentara di Semarang. Dia kemudian menikah dengan seorang pria yang sudah dikenalnya saat masih dirawat.

Tapi siapakah pelaku pemerkosaan sebenarnya dari Sum Kuning masih menjadi tanda tanya besar sampai saat ini sebab baik Sum Kuning tetap pada pendiriannya bahwa pemerkosanya adalah sekumpulan anak pejabat maupun 10 pemuda anak orang biasa yang diajukan ke pengadilan dan membantah habis-habisan tuduhan yang diajukan kepada mereka dan dijadikan sebagai kambing hitam untuk menutupi para pelaku sebenarnya.
11 bulan yang lalu
restrose #45573
Tangerang
Sulit rasanya negara ini akan makmur n sejahtera jika pemimpin yg jujur_adil malah tersingkir. Ikut prihatin ya mbah sum..
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Iya ya.. :(
Apa perlu negri ini kita revolusi lagi? Hahahahahahahaha
11 bulan yang lalu
saikufusha #45331
Ho..hoo..hoo
Jaman itu "penguasa" tdk tersentuh hukum Bahkan penegah hukum yg bersih spt kapolri jendral hoegeng akhirnya tersingkir...
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Ehehehehehe iya om...
11:12 aja ama sekarang, beti.. Beda tipis...
Reformasi ga banyak bawa perubahan signifikan terharap sistem pemerintahan Indonesia. Tetep aja kesenjangan  keadilan antara kaum elite Dan rakyat jelata masih harum semerbak..
Ceila bahasa Gw..
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
sayang sumpah pocong belum ngetop yah,
btw, saat ini sum nya msh hidup ?,
Up !
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Heheehe, kaya nya walopun ada sumpah pocong kalo orangnya ngedableg sih, dia bakal bo'ong2 juga..
Hehehe, kalo itu saya kurang tau odd..
Makasih nih udah di up.
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
iya juga yah, itu udah sifatnya bo'ong permanen,
seeeppp.... lanjutkan
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Ahahahaha..
Iya..
11 bulan yang lalu
wardah #38801
Welcommeee Ramadhan
Bagus bgd cerinya ..
Vuuu -_-
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Hehehe, makacih eaa..
10 bulan yang lalu
Jakarta
Ini salah satu dari sekian banyaknya kasus yang jadi X file.
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Bener banget..
Indonesia gitu loh om..
10 bulan yang lalu
INDORECA #43508
javaland
Dari zaman batu sampe zaman software pemimpin sekaliber hoegeng pasti disingkirkan karena ” JUJUR”
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Iya...
Saya setuju..
Sebenernya di luar sana banyak banget orang2 Indonesia yang layak,cerdas berkualitas.baik itu pelajar,atlet, pemimpin dll..
Tapi tah kenapa yang muncul ke permukaan cuman orang2 beruntung, punya uang Dan punya kuasa yang bisa nyicipin kursi pemimpin. Selain itu juga sistem standard kualifikasi pemimpin di Indonesia saya bilang kacau.. Hahaha
11 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Yg benar selalu tersingkir.
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
hmmm......
kondisi di negara kita emang seperti itu yah mbah,

lamken mbah....  :-)
11 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Bener.
Kalo gak dibasmi akan tetap bobrok negara ini.
Kasus besar gak ada satupun yg selesai.
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
cara basminya mulai dari mana yah, atas atau bawah dulu mbah ?
11 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Atas,langsung sikat habis dari penguasanya.
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
atuh sby dong mbah,
waduh, berat nih mbah....

xixixixixixi.....
11 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Gak yg berat demi sebuah kebenaran.
10 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
ya udah tahun depan aja saya turunin dia nya mbah
10 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Taon depan emang kagak menjabat lagi dia.
Kan pemilu.
Dasar gak jelas.
10 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Ehehe
Ga selalu..
Tapi biasanya gitu..
Money and power talk..
11 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Nah,itu ente tau.
Kekuatan diindonesia atas dasar:
Yg utama adalah kekuasaan.
Yg kedua Duit.
Yg ketiga aparat.

Entah jadi apa negara ini kedepannya.
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Ehehehehehe, tapi saya yakin selalu ada harapan untuk Indonesia yang lebih baik! Coblos nomor 506 untuk Indonesia yang makin parah! Huahahahahahaha
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
yuk rame2 kita pilih eyang subur jadi presiden....

┼┼A┼┼A┼┼A┼┼A┼┼A ѕυρєя кєяєη
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Jiahahahaha...
Parah banget eayang subur mah...
11 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Mending pilih cepot aja deh.
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
ya udah pilihan kedua nya,
si raja dangdut aja, gmn....

qiqiqiqiqiqi.....
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Jiahahahaha, boleh juga tuh...
Aceng fikri juga boleh, kayanya pemimpin teladan tuh dia..
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
ஃʞɐʞɐʞʞɐʞɐʞɐʍ =))º°˚˚  
Akur sob,
Nyok kita filih AF (ahmad fatonah) #eh
11 bulan yang lalu
poetra5460 #22248
Harimau Sago
Negeri coboy kayak ditexas kali mbah....
Siapa kuat dia boleh sesuka hati.....kl ada yg berani....harus diselesaikan dengan duel
#pengaruh film wild west
Hehehehehehehehe
10 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Pumput@ kebanyakan nonton zorro lu.
Kayaknya bener juge put.
10 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Haahahaha..
Iya taon depan dia udah expired ya mbah..
10 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Iya,kalo bisa sih sesegera mungkin.
Dah gak nyaman mbah liatnya.
10 bulan yang lalu
tarishami #22674
Miris baca beritanya...

11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Iya, kita yang cowo2 aja bacanya miris banget, apa lagi cewe ya..
Ckckck
11 bulan yang lalu
tarishami #22674
Iya, penasaran. Org2 yg dulu ngelakuin gmn hidupnya skg? Apa ga dihantui rasa bersalah,apa normal2 aja atau udah belangsak hidupnya?
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Pasti ada suatu saat mereka ngerasa bersalah
11 bulan yang lalu
poetra5460 #22248
Harimau Sago
Uang ,jabatan dan pengaruh bisa membelokkan kebenaran
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
yang paling repot, pressure dari atas,
kalau pressure yang lain sih.....
ehemmm.....
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Pressure maju mundur?
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
yups....
tahu aja nih...
hehehehehe.....
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Jiahahahaha otak lo brooo :D
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
ஃʞɐʞɐʞʞɐʞɐʞɐʍ =))º°˚˚  
Btw, indonesianya mana nih, papua kah, atau perbatasan timor leste,
Bsk hadir kopdar kan ?
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Pengen ikut..
Tapi saya di jambi, sumatera..
Huaaa.. Hua... Hiks.. Hiks..
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
OOoOoOoº°˚˚°º≈ºhhh
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Hikss hikss..
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
Yǻ̀ǻ̀°˚˚°  udah, masih sempet koq, saya tunggu di bandara soetta, kita bareng ke lokasi tkp nya....
11 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Hahahahahahahaha..
Beneran yak?!
11 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
ciyus nih, masih keburu koq
10 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Kondangann
10 bulan yang lalu
repozz #45783
Kangean
Wao hebaat
10 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Hehehehehehe makasih yaa
10 bulan yang lalu
Mr.xpatriate #24943
Indonesia
Hehehehehehe
Bener..
10 bulan yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
Mr.xpatriate #24943
Indonesia