11
vote
Gambar preview Pakaian Pernikahan Adat Papua Umumnya

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Pakaian Pernikahan Adat Papua Umumnya

Hello bees,,!!

Adat istiadat Papua masih dilestarikan di berbagai belahan bumi cendrawasih, misalkan busana atau pakaian adat pernikahan yang dikenakan.

Busana atau pakaian pernikahan adat Papua juga tak kalah menariknya dengan susunan upacara pernikahan yang digelar. Biasanya busana yang dipakai sebagai pakaian pernikahan berbagai suku di Papua dibagi menjadi tiga macam.

Pertama, adalah pakaian pernikahan yang dikenakan oleh sepasang mempelai serta keluarga mempelai.

Berikutnya adalah pakaian yang dikenakan oleh para tetua adat dan agama.

Dan yang terkhir adalah pakaian yang dikenakan oleh ratusan masyarakat yang ikut meramaikan upacara pernikahan.

☞ Pakaian Pernikahan Mempelai

Pakaian pernikahan yang dikenakan oleh kedua mempelai adalah busana putih-putih, merah-kecoklatan. Orang Papua memang menyenangi warna putih dalam berbusana, hal ini merupakan suatu perkembangan yang berjalan seiring dengan waktu.

Meski mereka tetap menyukai warna-warna meriah dan corak khas Papua, seperti manik-manik atau hiasan bulu cendrawasih. Kombinasi warna yang dipakai disimbolkan oleh corak warna bulu burung cendrawasih.

☞ Pakaian Tetua Adat dan Agama

Yang dikenakan oleh para tetua adat dan agama adalah berbeda. Tetua Adat biasanya menggunakan pakaian adat Papua tradisionil, bulu cendrawasih dan hiasan taring babi. Sedangkan Tetua Agama mengenakan jubah kuning flannel yang seragam dan senada.

☞ Pakaian Pernikahan Masyarakat

Masyarakat setempat yang menjadi pengiring mempelai biasanya mengenakan pakaian biasa atau baju terbaik mereka. Atau bila tidak, pada umumnya mengenakan sarung tenunan lokal dengan atasan baju biasa atau baju berwarna putih – yang menandakan kesucian.
Pakaian Pernikahan Adat Papua Umumnya  (Gambar 1) Pakaian Pernikahan Adat Papua Umumnya  (Gambar 2) Pakaian Pernikahan Adat Papua Umumnya  (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
tahun lalu
di
18 komentar
sitaba #27103
Surabaya
Bagus n unik banget pakainnya...
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Yoi bang,,
Thanks yaa dah mampir
tahun lalu
sitaba #27103
Surabaya
@>--S̤̥̈̊ǎ̜̣̍М̣̣̥̇̊ɑ̤̥̈̊-S̤̥̈̊ǎ̜̣̍М̣̣̥̇̊ɑ̤̥̈̊@>--
tahun lalu
superhenri #30177
Pekanbaru
Top..
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Thankss henri,,
tahun lalu
superhenri #30177
Pekanbaru
Bumi papua emang g' pernah habisnya. Dengan alam, budaya dan masyarakat yg eksotis..
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Bener bnget,,
Karena papua sangat luas dan sukunya banyak,,
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
VU bang nice info

Selama ini saya gak bisa bedain,sepertinya semua mirip2.begitu saja.
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Iya mirip, tpi gak sama tata caranya
Thanks bang must
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
Pakaian pengantin ceweknya cantik.. Eksotis, keren, gimanaa gitu.. Suka deh aku..
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Makasih gita,,
Gita mw make?!
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
Mau \(•ˆ⌣ˆ•)/
Tapi bukan buat nikah >,<

:P
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Tpi kn di pake tuk resepsi prnikahan
tahun lalu
[closed] #unknown
Unik dan menarik,

Vu buat kacang pilus.
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Kacang??!
tahun lalu
[closed] #unknown
Hahaaa....
tahun lalu
kustoh #33825
P'lu di publikasikan thu
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Iya,,,
Nie udah di publikasikan ke TCv
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
Theopilus #28626
Kyu III