40
vote
Gambar preview Percobaan Pembunuhan Presiden RI yang Gagal

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Percobaan Pembunuhan Presiden RI yang Gagal


Ada yang tahu peristiwa ini?
Koran kuno terbitan 8 Desember th.1957, yang merupakan edisi khusus percobaan pembunuhan terhadap Kepala Negara R.I. Presiden Soekarno.
Harian "Berita Minggu" edisi 8 Desember 1957
Edisi Istimewa Peristiwa "Tjikini Raya"

Pict1: Mereka masih dilindungi Jang Maha Kuasa, dan dapat terhindar dari maut jang mengerikan itu. Guntur dan Megawati (yang masih di Sekolah Dasar/SD) dengan Presiden Soekarno.

Pict2: Inilah Algodjo-nja

Pict3: Peta jalan Cikini Raya (waktu itu) dan cara-cara pelemparan Granat

Ringkasan Berita:
Saat itu Perguruan Cikini sedang merayakan Ulang Tahun ke 15. Berbagai acara digelar untuk merayakannya, salah satunya adalah kegiatan bazaar amal yang bertujuan mengumpulkan dana. Bazaar ini selain dihadiri oleh para murid, guru dan karyawan sekolah juga dihadiri oleh para orangtua murid. Salah satu orangtua murid yang hadir adalah Bung Karno, Presiden Republik Indonesia pertama. Ir. Soekarno hadir sebagai orangtua dari Guntur, Megawati, Rahmawati, Sukmawati dan Guruh.
 
Pesta sekolah SR Tjikini termasuk meriah masa itu, beberapa hari sebelumnya telah ramai dibicarakan murid-murid dan penduduk sekitarnya. Publikasi gencar yang dilakukan panitia penyelenggara membuat semua orang ingin datang, termasuk Mak Ani dan kedua anaknya, Mariani dan Julia.
Walau bukan murid Perguruan Cikini, Mak Ani dan anak-anaknya merasa bangga bisa melihat Presiden mereka. Seakan larut dalam pesta ulangtahun SR Tjikini mereka berjejer di pinggir jalan. Mereka terus menunggu sampai Bung Karno keluar sekolah dan bersiap pulang. Hasrat melihat wajah presiden dari dekat membuat ketiga anak beranak ini berdesak mendekat ke rombongan kepresidenan. Saat Bung Karno berhenti dan melambaikan tangan serta tersenyum ke arah masa yang mengelilinginya, Mak Ani merasakan itulah senyuman untuk mereka bertiga, kepuasan melanda batinnya.
Sumber:
http://koleksitempodoeloe.blogspot.com/2011/11/koran-kuno-terbitan-8-desember-th1957.html?m=1
»»»
Percobaan Pembunuhan Presiden RI yang Gagal (Gambar 1) Percobaan Pembunuhan Presiden RI yang Gagal (Gambar 2) Percobaan Pembunuhan Presiden RI yang Gagal (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
96 komentar
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
»»»
Saat suasana kebanggaan sedang memenuhi hati dan pikirannya, tiba-tiba saja ledakan keras berbunyi, beberapa kali. Tanah terasa bergetar, tak lama terdengar jeritan di sana-sini, beberapa orang termasuk anak-anak berjatuhan. Mak Ani yang sedang menggendong Julia, adik Mariani, merasakan darah mengalir dari perut anak di pelukannya. Sementara ia mendengan keluhan Mariani yang kesakitan dan memanggil-manggil Mak Ani. Tak lama Mariani jatuh dalam pelukan Mak Ani, ia tak lagi memanggil ibunya dan saat itu Mak Ani sadar bahwa Mariani telah tiada.
Mariani tewas sementara adiknya, Julia, luka parah. Seseorang tak dikenal membantu Mak Ani dan membawa mereka ke RSUP, sekarang RSCM. Malam itu juga Julia ditangani dokter, perutnya dioperasi besar. Mak Ani yang juga luka terus-menerus berdoa memohon kesembuhan Julia sepanjang malam. Tuhan mendengarnya, Julia tidak mengikuti kakaknya. Walaupun kemudian Mak Ani mendapatkan santunan dari pemerintah, namun kepedihan hati karena ditinggal Mariani tak terobati.  

Soekarno dan putra-putrinya Guntur dan Megawati selamat, akan tetapi dipihak lain terdapat korban jatuh meninggal dunia sekitar 9 orang dan sekitar 100 orang lainnya luka-luka berat. Korban yang terbanyak adalah murid-murid sekolah itu. Kisah nyata ini merupakan salah satu dari sekian banyak korban berjatuhan akibat usaha pembunuhan Bung Karno di Perguruan Cikini. Walau beliau selamat, namun korban yang berjatuhan cukup banyak dan beritanya menjadi gema di seluruh Indonesia sampai berbulan-bulan

Granat yang dilemparkan Tasrif tak cuma meledakkan halaman depan sekolah Perguruan Cikini di Jl Cikini Raya 76 Jakarta, tapi juga meledakkan amarah Presiden Soekarno. Betapa tidak, hanya beberapa jengkal dari dirinya, ia mesti menyaksikan sembilan anak dan seorang ibu yang tengah hamil merenggang nyawa. Seorang pengawalnya terluka berat dan ia mesti merelakan lengannya tergores kawat berduri saat lari mengamankan diri.
»»»
Peristiwa yang memilukan :(
tahun lalu
ayuekap #43660
Lg nyari patrick :(
Gak kebayang gimana suasana saat itu ._. Semoga mak ani dan anak nya hidup bahagia
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Yaps, semoga demikian. Tidak diceriterakan lagi bagaimana kelanjutan Mak Ani. Yg jelas anak anak presiden masih hidup sampai sekarang ˆ⌣ˆ
tahun lalu
tioxjelex #37425
space iklan dsewakan
Wah nemu koran dr mn kk,,
Btw mungkin klo dbwt pilemna bagus jg kali y

#politikitukejamjendral
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Saya dapat dari link tsb di post. Dibuat filmnya? Sepertinya ide yg bagus ˆ⌣ˆ
tahun lalu
IbnuSompie #11242
Beside u
Jadi org biasa aj gx aman... Apalgi jdi presiden.. :D
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Hidup itu penuh resiko sob! Kata mbah Jambrong ˆ⌣ˆ  Sesuatu yg jelas dan pasti buat mahkluk hidup adalah mati. Entah dg cara apa dan bagaimana, hanya Tuhan yg tahu...ˆ⌣ˆ
tahun lalu
IbnuSompie #11242
Beside u
Iaa iaa yahh... Kita hidup nnt akan mati .
tahun lalu
hannon #43524
B-sides ourselves
Vu ajja
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈ ajja!
tahun lalu
hannon #43524
B-sides ourselves
Gak kebaca. "kotak2"
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Thankyou ajja! ˆ⌣ˆ
*sori ottoteks BB
tahun lalu
edy789 #43824
Vampire Ultra
Ok la klu bgtu bro..(•ˆ⌣ˆ•)
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Okelah kalo begini bro!ˆ⌣ˆ
Tumben jam segini dah bangun? (>_<)
tahun lalu
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Om motif dari pelaku ini apa yaa om kira2.?

Adakah keterlibatan pihak luar? Atau yg lain om?

Thx b4 nice post :D
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Kalau menurut sumber berita di koran itu, motifnya belum jelas. Mungkin saja ada keterlibatan pihak asing (ini pun berdasarkan berita yg tertulis di situ) ☺
»Yup, sama sama :)
tahun lalu
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Klo dariluar pasti gak jauh2 si  amiriki nih di balik ini semua :D

Btw ane pernah baca juga om dulu istana negara pernah di berondong ama pesawat tempur pilot kita sendiri dari TNI AU (dulu AURI). Tapi presiden soekarno untungnya lg gak ada di tempat.
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Saya belum pernah dengar tu kazz? Kapan? Ada korban?
tahun lalu
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Saya juga kaget om pas baca, lupa ane ada korban atau ngaknya, cz dah lama bacanya coba dah om cari di gugel ttng kejadian ini.

Klo gak salah motifnya ada kaitanya dgn pendirian Negara islam indonesia gtu dah om, kartosuwiryo om :)
CMIIW
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Oh, oke deh. Tks atas informasinya ☺
*langsung mluncur ke gugel
tahun lalu
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Dah nemu blm om artikelnya?
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Belum :P hehehe
tahun lalu
ngganteng #8021
Bukan Rayuan Gombal
Sedikit info ttg penembakan istana negara:

Pada tanggal 9 Maret 1960, Suryadi Suryadarma (KSAU RI I )sempat meminta mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban atas ulah Letnan II (Pnb) Daniel Maukar yang pada pagi harinya menembaki Istana Negara Jakarta dengan pesawat tempur MiG-17F Fresco asal Skadron Udara 11, namun permintaan tersebut ditolak oleh Presiden Soekarno.
tahun lalu
goliath #50908
sebelah kiri
Apa bukan karena kedekatan Soekarno waktu itu dgn kaum komunis broo? Sebelum soeharto masuk? Submarine USA full loaded with CIA people sandar? Mari kita cari tahu hu hu...
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Bisa jadi. Tp maksud saya ngepost berita ini adalah ternyata ada fakta sejarah yg mengerikan pernah terjadi dan saya tidak mengetahuinya. Untungnya pembunuhan ini tidak berhasil. Kalau tejadi wah, kita gak bakalan kenal sama Ibu Mega apalagi Taufik Kiemas.
tahun lalu
ngganteng #8021
Bukan Rayuan Gombal
Iyu bener bngt
Beliau2 itu lah sbg negarawan sejati

Tuhan msh sayang sm Indonesia
Smoga selamanya
tahun lalu
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
@goliath, yg mana ni sob?
Masalah postingan om gitt apa komen gue di atas ttng penembakan istana?
tahun lalu
goliath #50908
sebelah kiri
Postingan om gitt kazz, sblm soeharto masuk kan ada bbrp muatan asing yg sandar di negeri ini
tahun lalu
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Iyaa klo pihak asing paling gak jauh2 bro biang keroknya si ameriki itu...

tahun lalu
Kempes #30216
Bukan Om-Om
Ok la klu bgtu bro..(•ˆ⌣ˆ•)

*nyontek komen om vampire*
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Okelah kalo begini bro!ˆ⌣ˆ
Tumben jam segini dah bangun? (>_<)
*nyontek jawaban sy ke vampire
tahun lalu
wulan08 #50171
Indonesia :)
VU aja deh..
gak tw mau ngmong apa ^^
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
ˆ⌣ˆ tks
tahun lalu
vinachrist #10820
Jakarta - Indonesia
Berita tentang percobaan membunuh beliau udah pernah dengar cak, bahkan beliau sakit pun itu menurut kabarnya disengaja, kl gak salah ada yg pernah posting knp beliau sakit2an.
Hmmm...
Cuma bisa turut prihatin utk kejadian masa lampau yg menyedihkan sehingga harus ikut mengambil nyawa masyarakat yg tak tahu apa2  :'(
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Ya, saya pun pernah mendengar tentang sakitnya Bung Karno.
Betul Vin, selalu ada korban 'tidak berdosa' yg menjadi target salah sasaran seperti ini. :'(
tahun lalu
usaman #45195
Sasaji
Prihatin.... Semoga tak kan terulang di masa ini
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Amin
tahun lalu
junioraldi #48081
siip bro..
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Kok sip? Apanya yg sip bro?
tahun lalu
junioraldi #48081
postnya sip, bro
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Oke deh (bˆ⌣')b
tahun lalu
chyrus #37387
Jadi nambah pengetahuan akan sejarah indonesia..o ya mau tanya..apa gtwicaksono ini adalah wartawan yang meliput langsung kejadian itu kah :)
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Oke sip kalo begitu ˆ⌣ˆ
» Bukan, tahun segitu sy belum lahir. Saya cari sesuatu yg berbau jadul di google, munculnya berita ini. Malah saya sendiri belum tahu ttg kejadian ini. Sekalian saja saya share di TCV. Jadi begitu ceritanya sob ˆ⌣ˆ
tahun lalu
chyrus #37387
Tadi cmn b'candaan doang sob..hehe..btw bener gw baru denger itu berita :)
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Sama dong ˆ⌣ˆ
( '⌣')人('⌣' )toss  
tahun lalu
adhimaspamuji #50961
Di hatimu
Ha?
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Kenapa ya? Bisa saya bantu?ˆ⌣ˆ
tahun lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Kejam
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Ya om, sungguh kejam... :'(
tahun lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Menarik ya melihat banyak cerita ttg pa karno. Gw pengagumnya.. Pengagum demokrasi terpimpin, demokrasi pancasila, dan pengagum eksentriknya dan keegoannya pak karno.

Tapi, dibalik dukungan pasti ada hujatan. Ada yg cinta dia pasti ada yg benci dia..
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Yaps, saja setuju. Bagaimanapun beliau adalah tokoh proklamator tercinta.
Yang sangat disayangkan adalah kejadian ini dilakukan di sekolah dasar, benar benar kejam teroris ini :'(
tahun lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Dimanapun, kejahatan g kenal tempat om. Disekolah, ditempat ibadah, dimanapun, makanya mereka dibilang penjahat!
Oh ya, post2 sejarah seperti ini keren om. Seperti kata kak vina, ada post ttg konpirasi mengucilkan pak karno jg pernah gw baca disini. Gw jg pernah ngepost ttg kejadian unik jaman pak karno. Jaman itu walaupun belum seenak skrg tapi sangat inspiratif! :)
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Hhmm betul juga, dasar penjahat keji! Huhf!
» Dirimu pernah ngepost tentang uniknya hidup di jaman Pak Karno? Sudah selama itukah umurmu? (>_<)
tahun lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Susah ya kalo baca tulisan g ada koma..>.< Gw masih unyu2 om..x_x
tahun lalu
goliath #50908
sebelah kiri
Dan kulemparkan vote tepat kepada post yg berkualitas spt ini. There you go broo!
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Tks bro, I love u too ˆ⌣ˆ
*ehh
tahun lalu
goliath #50908
sebelah kiri
(╥﹏╥') sangat disayangkan bro gua dah di booking duluan sm si kazz wkwkwkwk...  
tahun lalu
ngganteng #8021
Bukan Rayuan Gombal
Oala...sejarah politik Indonesia diawali dg kekerasan
tahun lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Hanya 32 tahun yg tanpa kekerasan dalam artian disembunyikan.. :)
tahun lalu
ngganteng #8021
Bukan Rayuan Gombal
Iyu bener...32thn utk kepentingan sesaat
*dg cara yg sesat >.<
tahun lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Dan skrg banyak yg malah seneng kembali ke zaman itu dgn alasan bbm seharga 600perak.. Hahahha.. Gw ketawa aja bacanya.. :p
tahun lalu
ngganteng #8021
Bukan Rayuan Gombal
Setuju...bbm murah pd saat itu (klo d bandingkan dg kurs/ nilai mata uang) skrg mah sama aja perbandingannya dg jaman skrg :P
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Kalau saya pribadi paling 'nyaman' di masa kepresidenan Gus Dur. "Gitu aja kok repot" (>,<)kikikik
tahun lalu
ngganteng #8021
Bukan Rayuan Gombal
Jaman pak Habibie juga lumayan (dr sisi ekonomi)
Klo d jaman alm.Gusdur, beliau lemah di bid politik (kurang dukungan Politik)...apa krn basic nya Gusdur bukan seorang Politikus yah..ttp sbg seorang ulama

#yg d butuhkan neg saat ini adalah seorang negarawan yg nasionalis
Cuma opini pribadi: P
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Pernah tahu sebelumnyakah bang ngganteng? Atau baru tahu setelah post ini?
tahun lalu
ngganteng #8021
Bukan Rayuan Gombal
Sudah tau sebelumnya:P
Dr buku sejarah dan para orang tua jaman dulu
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Ada di buku sejarah? Yg mana ya? Kok guru saya gak ngajarin sejarah yg ini?
tahun lalu
ngganteng #8021
Bukan Rayuan Gombal
Klo d jaman pendidikan formal dulu ga ada memang
*mungkin krn dianggap aib kali yah >.<

Buku sejarah yg gw maksud adalah buku umum ttg penget sejarah

Contoh buku dg judul : siapa menabur angin akan menuai badai (d buku tsb jg d ceritakan sedikit ttg "peristiwa Tjikini")
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Owh, ternyata buku itu tho. Kalau gak salah pernah dulu dilarang beredar ya bang?
tahun lalu
ngganteng #8021
Bukan Rayuan Gombal
Iya bener ˆ⌣ˆ
Ijin pamit doloo...
Otw kervur
tahun lalu
goliath #50908
sebelah kiri
Semua mempunyai kelemahan dan kelebihan nya masing2, tp tdk ada yg sesempurna Soekarno dan secacad Soeharto ^^
tahun lalu
ngganteng #8021
Bukan Rayuan Gombal
Wkwkwkw
Memang di dunia ini tdk ada yg sempurna :P
tahun lalu
Calon Playboy
Wah iya sejarah ini sungguh menegangkan
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Udah pernah tahu jg ya Mas Ugeng?ˆ⌣ˆ
tahun lalu
Calon Playboy
Ngga sih soalnya saya belom lahir pak pada saat itu
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Dulu presiden Soekarno yg jadi sasaran, tp skrg berkembang ke tempat2 ibadah...
*miris
tahun lalu
goliath #50908
sebelah kiri
Serupa tapi tak sama ^^ kl untuk tempat ibadah, fasilitas umum dsb itu bs dikategorikan sebagai minor one tp tetap tujuan nya untuk cipta suasana tdk kondusif aka teror. Tpi kl sdh mentargetkan seorang pemimpin negara itu membutuhkan lebih dr perencanaan yg matang dan tentunya muatan2 yg ada di dalamnya sdh sangat kuat. Dan itu semua kembali lagi ke permasalahan yg sangat krusial: sistem di negara kita yg tlh lumpuh puluhan thn dan meciptakan monster2 yg tertidur lelap... dan skrng mereka satu persatu terbangun dr tidurnya. Sekian.
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Iya oom...
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Mungkin lain lagi penjahatnya sob :)
tahun lalu
Van Exe #15
I'm Watching You
Pernah baca ttg insiden cikini tapi tidak sedetail ini, nice post om wicak :)
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Pernah baca dimana ya om?
Tks om :)
tahun lalu
Van Exe #15
I'm Watching You
Di perpustakaan smp atau sma gw lupa cuma ga sejelas yg diceritakan om wicak di post ini..mgkin krn wktu itu akses informasi tentang pres.Sukarno dibatasi sama pak Harto ya?
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Wuih hebat! (bˆ⌣')b
Berarti om exe penggemar buku bermutu ya?
»Mungkin jg dibatasi oleh Orde Baru om, jadi gak detil.
Kalau dilihat di sumber link, yg punya blog hebat juga tu koleksi barang barang jadulnya. Cuma sayangnya, si empunya blog memperjualbelikan barang barang kunonya. Yg menurut hemat saya lebih baik dikoleksi dan dijadikan meseum saja.
tahun lalu
Van Exe #15
I'm Watching You
Hehe dulu punya rasa ingin tau yang amat sangat utk bbrp hal yg berkaitan dgn sejarah, salah satunya ya ttg insiden cikini ini :)
tahun lalu
ikam1990 #48603
Bandung city
Pelakunya siapa?
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Itu di pict2 ˆ⌣ˆ
Atau yg dirimu tanyakan siapa dalang di balik si pelaku?
Belum ada yg menjelaskan (menurut isi berita koran tsb)
tahun lalu
ikam1990 #48603
Bandung city
Sayang sesama anak bangsa masih aza ada yang pengen ngelukain...
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
itulah kejamnya politik (˘˛˘)
*katanya sih begitu ☺
tahun lalu
goliath #50908
sebelah kiri
di mata politik hanya ada dua hal: 1.menjadi alat, 2.menjadi musuh. ^^ cmiwww
tahun lalu
ikam1990 #48603
Bandung city
Kalo begitu dalang semuanya pelaku abu2 atau lebih tepatnya politik
tahun lalu
seacrew #36795
Malang
Nice post brother...
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Tks brader ˆ⌣ˆ
tahun lalu
yudhibeka #50735
Di Hatimu....
Nice post...

Pot up dl ah... :D
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
(bˆ⌣')b
tahun lalu
castela #29133
Vu aja
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
(bˆ⌣')b
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
gttwicaksono #41163
Go to extramiles