8
vote
Gambar preview Si Pahit Lidah,. Kutukannya bisa menjadi batu.,

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Si Pahit Lidah,. Kutukannya bisa menjadi batu.,

serunting, itu nama salinya., ada juga yg menyebutnya serunting sakti.
Cerita kesaktiannya telah dibicarakan sejak dulu di daerah sumatera bagian selatan., tak hanya provinsi sumsel, daerah kekuasaannya sampai jambi, bengkulu dan lampung., menurut legendanya dia pendekar yg baik hati dan bijaksana.,

Diperkirakan cerita ini berasal dari jaman majapahit., kutukan si pahit lidah adalah ucapannya akan menjadi kenyataan., menurut cerita yg banyak beredar, semua yg dikutuknya akan menjadi BATU!!

Gambar 1:
Goa putri dibaturaja, sumsel.
"sebuah desa ditepi sungai ogan, yg tentram dan makmur. Dipimpin seorang putri cantik. Suatu ketika lewatlah seorang pemuda. Pemuda itu menyapa penduduk desa. Tapi semua diam, si putri pun diam ketika disapa. Marahlah si pemuda, dan mengucapkan: desa ini makmur, tapi penduduknya sombong ketika disapa, SEPERTI BATU."
Dan malanglah desa tersebut, krn pemuda itu ialah serunting sakti, dan desa itu menjadi batu. Gambar 1 adalah singgasana raja. Dan tak jauh dari goa, ada batu besar, yg konon itu adalah kepala siputri.

Gambar 2:
Lokasinya di arena mtq, taman rimba, kota jambi.
Batu itu adalah sebuah fosil kayu yg membatu. Ditemukan di desa muara jernih ditepian sungai tabir, kabupaten merangin, jambi.
Nah, desa ini bersebalahan ma desa ibuku.,
"Hiduplah seorang raja di huluan sungai tabir. Raja ini raja yg arogan dan menindas rakyatnya. Dia membangun jembatan dari potongan2 kayu besar. Kayu sungki. Cerita rakyat yg tertindas terdengarlah sampai kekuping serunting. Dan serunting memperingati siraja tsb. Tapi raja yg aroga dan juga sakti tak mau mendengarkannya. Marahlah si serunting, dan datang menemui siraja. Diriwayatka, mereka bertarung di jembatan titian kayu tsb. Saat menghentakan jembatan itu dg kakinya, serunting mengutuk menjadi batu. Dan kayu tenggelam kedasar sungai, hancurlah jembatan raja tsb."
Beberapa versi ttg kisah kayu ini, dan tak jelas siapa yg menang. Menariknya, jarak desa ini dgn desa si pahit lidah mencapai
Si Pahit Lidah,. Kutukannya bisa menjadi batu., (Gambar 1) Si Pahit Lidah,. Kutukannya bisa menjadi batu., (Gambar 2) Si Pahit Lidah,. Kutukannya bisa menjadi batu., (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
bertahun-tahun yang lalu
di ,
Direkomendasikan pembaca lain
43 komentar
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
BUDIRAHMAT #306
Mentawak
Diskon/voucher terpopuler